Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Kawasan Ruko dan Pergudangan Wajib Menggunakan Portal Parkir Otomatis

 


KONTRAKTOR-BALI.COM Portal parkir otomatis kini tidak hanya dipakai pada pusat perbelanjaan atau perumahan. Untuk para pekerja yang berkontribusi di ruko atau pergudangan, portal parkir juga dibutuhkan untuk membuat para pekerja merasa nyaman, kemudian bertahan dan bekerja di sana dengan waktu yang lebih lama.

Apa Itu Portal Parkir Otomatis?

Suka shopping di pusat perbelanjaan? Atau, belanja bulanan di supermarketnya? Entah mengendarai mobil sendiri atau memesan mobil online, Anda tidak boleh menyangkal dan tidak mengakui fasilitas yang satu ini.

Ketika ingin pulang dan naik kembali ke mobil, kendaraan tersebut akan mulai meninggalkan kawasan mall. Namun, sebelum benar-benar menjauh, sebuah palang parkir akan turun untuk menahan kendaraan Anda selama beberapa saat.

 Itulah yang bisa dikenal sebagai portal otomatis. Biasanya, untuk awal-awal pengendara akan menekan tombol terlebih dahulu untuk memperoleh sebuah karcis. Karcis akan keluar dan palang akan kembali naik. 

Fungsi Portal Parkir yang Otomatis

Dari cara kerjanya saja, Anda pasti dapat menerka apa saja manfaat yang diperoleh jika ikut memanfaatkan portal parkir otomatis dengan seharusnya. Pertama, portal parkir ini akan sangat membantu pusat perbelanjaan yang ramai.

Jika tidak ada mesin ini, bayangkan saja bagaimana kendaraan yang ingin keluar atau masuk akan saling bersinggungan. Alurnya menjadi tidak stabil dan membuat antriannya semakin panjang, bisa juga mengakibatkan kemacetan yang akan memakan waktu lama.

Pengunjung datang untuk berbelanja dan tidak ingin ambil pusing soal kendaraan yang lalu-lalang. Lahan parkir telah disediakan dengan luas, tetapi untuk apa jika masuknya saja sulit.  Salah satu fungsinya adalah menertibkan barisan lalu lintas di dalam atau luar pusat perbelanjaan. Portal parkir otomatis akan membuat mobil atau motor yang mengantri menjadi teratur untuk berbaris dan menunggu giliran. 

Baca Juga : 5 Keuntungan Menggunakan Portal Parkir Untuk Perumahan

Selain itu, pengendara tinggal mengikuti alur dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang menguras kantong. Harga karcis atau tarif dari kartu yang telah dimiliki oleh pengendara sangatlah murah meriah. Selain itu, mesin yang menakjubkan ini juga bisa dipasang di rumah sakit yang lintas kendaraannya juga cukup banyak. 

Cara Membuat Sistemnya

Penasaran dengan cara untuk menerapkan dan mewujudkan kerja alat ini? Lebih praktis, siapkan miniatur kecil yang cara kerjanya tetap sama dengan yang asli untuk menyesuaikan program penerapannya.

Kondimen yang pertama adalah RFID-RC522, di mana modul ini menyatu dengan controller-nya. Lalu, ada palang dari mikroserfo untuk naik dan turun, layaknya gerbang yang mempersilakan pengendara untuk masuk atau keluar. Untuk codingnya, menggunakan Arduino IDE. 

Beralih ke prinsip kerja, portal parkir otomatis yang satu ini juga tidak berbeda dengan yang lainnya. Jika ingin masuk, kartu RFID harus ditempelkan supaya terbaca di readernya. Lampu hijau di sana yang akan menentukan.

Jika menyala, itu berarti palang tersebut akan naik atau memberikan akses. Dengan catatan tag RFID tersebut sudah harus terprogram. Bagaimana jika belum? Lampu kecil merah yang akan meresponnya. 

Untuk melakukan uji coba, tegangan yang dibutuhkan sekitar 5 volt. Kartu RFID frekuensinya adalah 13.56 untuk modul yang satu ini karena dapat mengidentifikasi pula nomor seri yang terpampang pada kartu.

Lebih kerennya lagi, palang ini akan tertutup sendiri ketika mobil telah menjauh, masuk ke dalam untuk parkir. Jika kendaraan juga belum lewat, palang juga akan terus terbuka dan tetap setia menunggu. Lalu, jika objek lain seperti manusia yang berdiri di depannya, apakah palang akan tetap terbuka? 

Karena mesin tersebut sudah menyediakan sensornya sendiri, maka objek lain tidak akan membuatnya terbuka. Meski dimensinya kecil dan tampak berbeda, sistem portal parkir otomatis yang melekat dan ditinjau tetap sama.

Cara Memperbaiki Portal Parkir 

Terkadang, layar yang menampilkan petunjuk atau keterangan akses pada portal parkir otomatis akan mati atau sudah berkedip-kedip lemah. Cara pertama yang harus dilakukan adalah membuka panel mesin.

Jika tampak baik-baik saja, periksa di bagian komputernya. Sudah melihat ada kabel power supply? Lepas, lalu cek menggunakan tester. Kabel akan dicek melalui tekanannya.

Jika masih normal, berarti ganti dengan power supply yang baru. Colok kembali kabelnya ke tempat yang sesuai. Ketika melihat sistem yang kembali menyala, berarti Anda telah berhasil memperbaiki mesin tersebut.

Sistem Parkir Touchless

Selain menggunakan kartu, ada lagi sistem parkir yang hanya membutuhkan lambaian tangan untuk akses keluar-masuknya. Di mesinnya akan ada petunjuk untuk mengambil tiket tanpa harus menekan tombol. Mengikuti ketentuan yang diterapkan oleh pemerintah, Mall Ratu Indah sudah ikut mencoba menggunakan portal parkir otomatis.

Sudah paham mengenai penggunaan portal parkir otomatis? Dapatkan harga terjangkau dan hubungi Distributor Portal Parkir Terpercaya Dari CV. Mitra Dua untuk menunjang fasilitas portal parkir yang paling menguntungkan!