Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Kontraktor Pengecatan Epoxy Lantai Bergaransi

 

Kontraktor pengecatan epoxy berpengalaman adalah jasa terbaik yang akan membantu Anda dalam memberikan lapisan lantai berkualitas. Keuntungan yang akan didapatkan tentunya lebih berlimpah, dibanding melakukan pengecatan mandiri untuk bangunan sendiri. 

Kontraktor Pengecatan Epoxy Lantai

 

Perbedaan Cat Epoxy dengan Epoxy Coating

Ketika seorang kontraktor pengecatan epoxy berpengalaman melakukan pekerjaannya dan melayani konsultasi dari pemilik rumah, pertanyaan yang timbul pasti tidak jauh berbeda. Mereka pasti penasaran, apakah epoxy coating atau cat epoxy yang terbaik untuk diaplikasikan pada lantainya? Apakah terdapat perbedaan pada keduanya?

Secara miskonsepsi dasar, epoxy coating berbeda dengan cat epoxy yang biasanya dikenal oleh masyarakat. Namun, lantai garasi rumah juga menggunakan lateks akrilik yang juga mengandung epoxy dengan jumlah minim dan sering disebut sebagai cat epoxy.

Kandungan tersebut membuat sebuah cat yang diaplikasikan memiliki daya rekat yang cukup kuat dan tentunya, ketahanan tersebut lebih baik dari cat akrilik dasar. Namun, jenisnya tetaplah cat akrilik lateks biasa, bukan cat epoxy.

Baca Juga :Cara Pengecatan Epoxy Lantai Sesuai Standard SOP

Istilah dari cat epoxy sering digunakan oleh masyarakat umum atau mereka yang sedang mencari epoxy coating. Karena itulah, para produsen juga mengikuti suara pasar untuk memakai istilah tersebut.

Namun, istilah ini nyatanya membuat bingung sebagian konsumen, sehingga mereka menjadi salah kenal atau salah kaprah. Cat akrilik yang dijual dengan nama epoxy dianggap juga sebagai epoxy coating, meskipun sebenarnya berbeda.

Lalu, apa sebenarnya yang disebut sebagai epoxy coating? Resin epoxy dan hardener merupakan dua material yang dicampurkan untuk membentuk sesuatu bernama epoxy. Keduanya akan diaplikasikan dengan batasan waktu dan suhu yang sudah ada aturannya sendiri.

Jika sebuah epoxy coating ingin terlihat lebih indah dan berwarna, kontraktor pengecatan epoxy berpengalaman akan menggunakan resin berwarna sesuai keinginan. Jika tidak diberikan warna, material yang dipakai akan tetap disebut sebagai clear coating.

Pengaplikasian epoxy coating tentunya dapat berhasil atau gagal, tergantung bagaimana pengaplikasiannya. Sifatnya tetap sama seperti sifat cat meski tidak sepenuhnya sebab percampuran dari dua bahan kimia telah melalui proses reaktif dan menghasilkan cross-linking kimia.

Karena keterikatan kedua bahan kimia tersebut, permukaan lantai menjadi keras dan tahan lama. Seberapa kuat ketahanan dari material yang digunakan, tergantung dengan kualitas material yang dipakai.

 

Kontraktor epoxy coating

Tingkat Kesulitan Pengaplikasian

Sebenarnya, mudah untuk melakukan pengaplikasian epoxy oleh jasa pengecatan epoxy. Namun, ketebalan dari epoxy coating pun ditentukan oleh volume kandungan padatan.

Jika memakai persentase, 50% untuk padatan dan 50% lagi untuk solid epoxy yang akan menghasilkan 50% hasil setelah permukaan lantai mengering. Jenis epoxy coating juga ditentukan dari bahan yang dipakai, seperti solvents dan air sebagai bahan pelarut cat.

Misalnya, epoxy padatan akan diaplikasikan dengan roller yang perkiraan hasilnya adalah film basah (WFT) ketebalan 10 mills dan akan tetap seperti itu setelah mengering. Berbeda dengan epoxy persentase 50% yang ketebalannya pun akan mengalami pengurangan.

Meski begitu, epoxy padatan ternyata lebih susah untuk diaplikasikan karena lebih tinggi pada viskositasnya, apalagi waktu yang didapat sangat terbatas. Epoxy dengan kepadatan yang lebih rendah justru lebih mudah pengaplikasian maupun penerapannya.

Baca Juga : Manfaat Menggunakan Aplikator Epoxy Lantai Berpengalaman

Beberapa produk kit epoxy biasanya memiliki kepadatan sebesar 48% yang juga cukup mudah diaplikasikan atau diterapkan. Namun, perlu diingat pula jika nanti hasil akhir pelapisan epoxy akan jauh lebih tipis ketimbang biasanya.

Dampaknya tentu akan mempengaruhi kualitas dan ketahanan dari lapisan permukaan lantai. Bukan berarti cat epoxy kit kualitasnya tidak bagus atau tidak direkomendasikan karena semuanya bergantung pada kebutuhan Anda.

Jika Anda telah memahaminya, berarti Anda akan mengetahui bahwa sebetulnya cat epoxy dan epoxy coating adalah sama. Keduanya adalah sama-sama pelapis epoxy dan sah untuk dipakai pada permukaan lantai.

Mengapa Tahapan Pengaplikasian Cat Epoxy Penting?

Sangat jelas bahwa tahapan dari pengaplikasian cat epoxy sangat penting untuk diperhatikan, misalnya saja proses repaint atau cat ulang body. Sayangnya, masih banyak yang keliru dengan hal ini dan memilih untuk menimpa permukaan lantai langsung menggunakan cat baru.

Jika langsung ditimpa tanpa epoxy, luka lantai berupa goresan dan bocel akan tampak ketika prosesnya selesai. Karena itulah, lapisan dasar sungguh memiliki peran penting untuk menutupi pori-pori dari cat yang telah diaplikasikan.

Tanpa lapisan dari cat dasar, cat baru tidak akan mudah menempel sempurna pada permukaan. Namun, setelah itu, Anda akan mendapatkan keunggulan berlimpah dari cat epoxy dengan melakukan pengecatan pada lantai, kayu, logam, baja, plastik, bahkan kaca.

Perawatan dan pengaplikasian dari cat epoxy tidak memakan biaya yang terbilang besar. Karena itulah, pelapis lantai ini menjadi trend untuk memperkuat permukaan lantai restoran maupun hotel berkelas.

Dengan begitu, Anda bisa mengembangkan bangunan yang dimiliki supaya lebih kokoh melalui Pilar Epoxy, kontraktor pengecatan epoxy berpengalaman. Selain mendapatkan harga bersahabat, Anda akan memperoleh garansi satu tahun untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan yang ada. 

 

Minta Penawaran dan Survey

Telp : 0811-8677-782 atau Email : marketing@pilarutamaepoxy.com